Patung Dewi Kwan Im

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aval artinya mendengar. Lokite berarti dunia. Svara berarti suara.  Avalokitesvara berarti mendengar suara dunia yang penuh dengan penderitaan. Avalokitesvara juga sering disebut sebagai Dewi Welas Asih.

Pada dasarnya saya jarang sekali meninggalkan Pulau Jawa. Namun pada bulan Juni 2007, saya beruntung bisa liputan (dan tentunya jalan-jalan) di kota Medan Sumatera Utara dan sekitarnya. Nah, salah satu yang paling berkesan adalah liputan wisata religi Vihara Avalokitesvara di kota Pematang Siantar, kira-kira 4 jam perjalanan dari kota Medan.

Sebelum tiba di vihara pun, saya dan rekan camera person Hadi Pranoto sudah terkagum-kagum melihat patung Avalokitesvara,  juga dikenal dengan Dewi Kwan Im (Guan Yin 观音), yang sudah terlihat dari jauh. Patung setinggi 22,8 meter yang terbuat dari batu granit ini memang memesona. Tidak pandang agama, kepercayaan, ras, apalagi bulu, siapa pun akan terpesona melihat keindahan patung Avalokitesvara.

Selain patung, komplek vihara juga ditata dengan sangat apik, sehingga langsung saja kamera dijeprat-jepret di sana-sini untuk mengabadikan keindahannya. Langit biru yang berawan menjadi latar belakang yang gorgeoussekaligus gratis.

Bagi teman-teman yang belum pernah ke sana, ini dia foto-fotonya. Foto-foto yang angle-nya bagus, jelas-jelas diambil oleh camera person. Foto yang angle-nya biasa-biasa saja, kemungkinan besar diambil oleh saya… ^^

Selamat menikmati ^^

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : http://wongmuntilan.wordpress.com/2010/03/23/foto-liputan-3-vihara-avalokitesvara-di-siantar/

Liburan Hemat Medan - Lake Toba
Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI